Kamis, 12 Maret 2009

ROTI BERRE


Salah makanan favorit bagi masyarakat Bugis atau warga Parepare pada khususnya adalah roti berre ini, atau yang dalam bahasa Indonesia dinamakan Roti Beras. Sesuai dengan namanya roti ini bahan pokoknya dari tepung beras dicampur dengan pisang.

Makanan ini sering kita jumpai di pagi hari dan menjadi menu sarapan pagi bagi kebanyakan orang di Parepare. Dihidangkan bersama teh hangat atau kopi, akan terasa lebih nikmat. Selain itu,sebagian orang menghidangkan roti berre ini bersama madu dan rasanya lebih nikmat.

Bahkan dalam acara-acara tertentu, roti berre ini biasa disajikan bersama kari ayam.Roti berre dapat dianggap sebagai pengganti nasi.Ini yang mungkin membedakan antara roti berre dengan roti lainnya yang terbuat dari terigu. Dan bila dibandingkan dengan roti yang dijual di toko dengan harga cukup mahal, roti berre tak kalah rasanya. Harga untuk sebuah roti ini cukup murah hanya Rp 500.

Metode pembuatan roti ini cukup sederhana,hanya dengan menyediakan bahan yang telah diramu ,kemudian bahan tersebut dituang ke wajan dengan ukuran tertentu. Setelah itu ditutup dengan pallekko (penutup yang terbuat dari bahan tanah liat) dan setelah matang bagian bawah ,maka dibalik lagi sehingga kedua sisinya matang sebuah.Biasanya penjual roti berre ini menyiapkan beberapa kompor sehingga bisa menghasilkan dalam waktu cepat.(ysn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar